Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Harus berkendara dalam jarak yang cukup jauh harus dijalani sebagian orang terutama untuk sopir kendaraan umum seperti bus. Tidak jarang sopir menjadi kelelahan dan kemudian mengantuk dan bisa berakibat fatal tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk orang lain. Untuk mencegah kelelahan saat mengendarai mobil, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan, selain harus istirahat yang cukup sebelum Anda berkendara.
 
Hasil gambar untuk ;naik mobil
 
Pertama adalah lakukan peregangan terlebih dahulu. Sama seperti sebelum anda berolahraga, dengan melakukan peregangan, maka otot tubuh Anda menjadi lebih rileks dan membantu untuk meminimalisir stress. Lakukan peregangan untuk tangan, jemari, leher, kaki, punggung dan bagian yang lain selama kurang lebih 5 menit sebelum Anda mulai berkendara. Jika Anda berkendara lam jarak yang cukup jauh, maka lakukan peregangan lagi di rest area dan di dalam mobil misalnya dengan merenggangkan leher dan punggung saat menghadapi kemacetan.

Kedua adalah siapkan makanan dan air putih. Anda bisa mengkonsumsi buah dan hindari mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak karena akan menyebabkan Anda menjadi mudah mengantuk. Selain itu, siapkan air putih yang cukup banyak untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi dan fokus tetap terjaga. Walaupun resikonya anda harus bersiap untuk sering mampir ke pom bensin untuk kencing ataupun buang air besar namun dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh bisa lebih bugar sehingga kelelahan bisa diatasi.

Ketiga adalah atur posisi duduk Anda agar nyaman. Asing-masing orang memiliki posisi duduk nyaman yang berbeda satu sama lain, bahkan ada yang menggunakan bantal agar merasa nyaman. Namun, jangan lupa untuk mengatur agar Anda juga mudah untuk menjangkau bagian stir, gas, rem kopling ataupun yang lainnya. Hindari untuk menggunakan high heels saat mengemudi karena bisa saja hak sepatu masuk atau menghalangi Anda saat menekan rem, gas ataupun kopling. Untuk menghindari agar leher tidak terlalu pegal, gunakan bantal kecil.

Jika Anda menyetir lama karena jarak tempuh yang jauh, berikut tips untuk duduk nyaman agar meminimalisir kelelahan, yaitu:

  • Posisikan jok Anda dengan nyaman dan pastikan punggung Anda menempel di jok namun dengan posisi jok yang tidak terlalu tegak ataupun terlalu rebah.
  • Pastikan jika Anda bisa melihat dengan baik tidak hanya ke depan namun ke spion yang ada di kanan kiri mobil.
  • Cocokkan jarak. Ada orang yang memajukan kendaraan karena postur tubuh yang kecil sehingga jok lebih ditarik maju. Pastikan kaki Anda bisa menekan atau melekat di pedal gas, rem dan kopling dengan baik.
  • Pastikan posisi tangan Anda bisa memutar kemudi dengan baik sehingga tidak mengganggu Anda saat mengemudikannya.
  • Jangan lupa gunakan sabuk pengaman untuk melindungi dan mengurangi resiko cidera yang lebih parah.

Click to comment