Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mengingat fungsinya sebagai sarana transportasi, para pemilik kendaraan yang satu ini harus memperhatikan perawatan dengan baik. Karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan saat digunakan untuk berkendara. Pada kendaraan bermotor, kinerja mesin akan lancar dan maksimal jika kualitas oli mesin masih dalam kondisi yang baik. Karena fungsi oli mesin itu sendiri adalah sebagai pelumas mesin, melindungi mesin saat bekerja, juga menghindarkan mesin dari kerusakan saat bekerja. 

Hasil gambar untuk motor mogok
 
Oli mesin akan meminimalkan gesekan-gesekan komponen mesin sehingga gerakan mesin menjadi lebih halus atau sedikit hambatan. Untuk itu, melihat fungsinya yang sangat penting maka para pemilik kendaraan harus memastikan melakukan pergantian oli mesin secara rutin. Karena jika terlambat melakukan pergantian akan berefek buruk terhadap performa mesin. Adapun dampak buruk telat ganti oli mesin, antara lain sebagai berikut:

Mesin menjadi kasar

Oli mesin yang telat diganti akan menunjukkan tanda-tanda pada mesin yang terasa lebih kasar dari biasanya. Sehingga saat digunakan untuk berkendara, terasa kurang nyaman dan suaranya kasar.

Mesin kepanasan (overheating)

Oli mesin berfungsi sebagai pendingin mesin pada sepeda motor. Ketika kondisi oli sudah jelek dan volumenya berkurang karena telat diganti, maka oli tidak bisa mendinginkan mesin dengan sempurna. Sehingga proses pendinginan mesin semakin lambat. Dengan kondisi ini, mesin menjadi lebih panas (overheat). Jika dibiarkan terus-menerus, komponen mesin menjadi rusak.

Boros BBM

Terlambat mengganti oli juga berimbas pada pemborosan konsumsi BBM. Hal ini karena ketika mesin menyala akan langsung terjadi gesekan antar komponen. Oli mesin yang lama tidak diganti, maka gesekan antar komponen tersebut semakin kasar dan keras. Akibatnya, tarikan mesin semakin berat dan membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. sehingga tak heran jika menyebabkan boros BBM.

Kinerja mesin menurun


Fungsi oli mesin pada kendaraan sangatlah vital. Ketika kondisi oli mesin sudah tidak bagus atau berkurang, maka otomatis performa mesin juga ikut menurun.

Memperpendek usia mesin


Usia pemakaian mesin sangat erat hubungannya dengan kondisi oli. Oli mesin yang rutin dilakukan pergantian, memiliki usia pakai mesin yang jauh lebih lama dibandingkan dengan mesin dengan oli yang jarang atau telat diganti.

Seker mengacing

Seker yang mengancing akan membahayakan pengendara. Karena jika saat berkendara mengalami seker mengancing, maka kendaraan akan berhenti seketika dan macet.

Rusaknya komponen mesin

Oli mesin yang telat diganti akan berimbas pada kerusakan komponen. Sehingga komponen tersebut harus segera diganti dengan yang baru. Dan tentu saja hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Turun mesin

Jika sudah terlalu sering mengalami masalah mesin pada sepeda motor, maka kerusakan akan menjalar pada komponen-komponen mesin lainnya. Untuk memulihkan kondisi mesin, maka perlu dilakukan pergantian komponen dengan yang baru.

Click to comment