Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Pada November lalu Panasonic pertama kali memperkenalkan kamera mirrorless Panasonic Lumix G9, kamera tersebut kini telah resmi di luncurkan di Indonesia melalui acara yang digelar di Jakarta. Kamera mirrorless ini merupakan model profesional yang duduk di kelas atas dalam jajaran kamera mirrorless Panasonic. Posisinya persis di bawah Lumix GH5 yang merupakan flagship. Kedua kamera ini memiliki target pengguna berbeda. "Lumix GH5 merupakan kamera hybrid foto dan video, dengan penekanan ke video. Sementara, Lumix G9 lebih condong ke fotografi," ujar Marketing Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefandi saat berbicara dalam acara. Menurut Agung, Lumix G9 yang tangguh dengan konstruksi weather sealed dan freeze proof cocok untuk digunakan oleh profesional maupun photography enthusiast, misalnya untuk menjepret satwa liar atau event olahraga. 


"Tak menutup juga untuk kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan speed tinggi," imbuh Agung. Panasonic Lumix G9 di samping lensa tele-zoom Panasonic Leica DG Vario-Elmar 100-400mm f/4.0-6.3, dalam acara peluncuran di Jakarta. Lumix G9 mampu merekam video 4K dengan frame rate hingga 60 FPS, tapi fitur-fiturnya memang lebih dikhususkan untuk fotografi. Misalnya, mode 6K Photo yang mampu mengambil satu frame JPEG 18 megapiksel dari footage video 6K 30 FPS. Di jantung Lumix G9 tertanam sensor gambar micro four-thirds 20,3 megapiksel. Dipadu image processor Venus Engine 10, rentang sensitivitasnya mencapai ISO 200 hingga ISO 25.600. Sensor ini mampu digerakkan ke berbagai arah untuk menghasilkan foto komposit dari banyak frame dengan resolusi mencapai 80 megapiksel (sensor-shift), di samping memiliki peredam goyangan (in-body image stabilizer) 5-axis. 

Sistem autofokus Lumix G9 menggunakan teknologi Depth from Defocus (DFD) dengan burst rate hingga 9 FPS dengan shutter mekanik, atau 20 FPS saat menggunakan shutter elektronik. Di bagian belakang terdapat touchscreen berukuran 3 inci dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah. Electronic View Finder yang digunakan memiliki magnifikasi 0,83x (ekuivalen full-frame). Layar LCD kedua (monokrom) di bagian top plate Panasonic Lumix G9 berfungsi menunjukkan aneka parameter pemotretan seperti pada kamera DSLR. (Panasonic) Selain bentuk fisik keseluruhan, satu elemen visual yang paling membedakan G9 dari GH5 adalah keberadaan layar LCD kedua di bagian top panel. Fungsinya menunjukkan aneka parameter pemotretan, seperti layaknya kamera DSLR. Panasonic Gobel Indonesia berencana mulai memasarkan Lumix G9 pada pertengahan Maret mendatang. Banderolnya dipatok di angka Rp 22.990.000 (body-only).

Click to comment