Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Di musim penghujan seperti sekarang tentu ada kemungkinan kota dimana Anda tinggal pada akhirnya terendam oleh banjir. Bagaimana dengan kondisi mobil Anda? Beberapa orang mengaku sempat bermasalah saat mobil tiba-tiba terendam oleh banjir di tengah perjalanan pulang maupun ke kantor di pagi hari. Kehadiran banjir yang mendadak membuat pengguna mobil tidak memiliki persiapan yang memadahi, sehingga sudah bisa dipastikan mobil mendadak mogok di tengah jalan. Kalau mengalaminya usahakan jangan panik agar bisa menemukan solusi terbaik. 


Apabila di tengah jalan yang airnya sudah meninggi dan hujan masih saja tidak menunjukan tanda akan segera reda. Mendadak mobil pun mogok, maka atasi kondisi ini dengan beberapa tips berikut: 

1. Keluarkan mobil dari genangan air, 

Apabila mobil Anda sudah terlanjur mogok akibat terendam atau dipaksa menerjang banjir di depan mata. Maka usahakan untuk mencoba menstaternya beberapa kali, usahakan tidak terlalu dipaksa dan setelah hasilnya nihil. Segera dorong mobil ke lokasi yang lebih kering dan tidak ada salahnya meminta bantuan orang sekitar agar mobil bisa segera diperiksa dan dikeringkan. 

2. Cobalah mengeringkan mesin mobil, 

Setelah mobil berhasil ditepikan ke lokasi lebih tinggi agar tidak lagi terendam oleh genangan air banjir di jalanan. Maka selanjutnya adalah mengeringkan mesin mobil dengan membuka kap bagasi di depan. Manfaatkan kain lap yang kering, kalau tidak ada bisa memakai koran, tissue, dan apapun yang bisa membantu menyerap air dan kelembaban. Keringkan semua komponen mesin terutama yang berhubungan dengan kelistrikan, baru dicoba starter lagi dan cek fitur vitalnya masih berfungsi atau tidak. 

3. Hindari keinginan menerjang banjir, 

Meskipun terdesak keinginan untuk bisa segera sampai ke tujuan bukan berarti Anda bisa leluasa menerjang banjir. Sebab bagaimanapun juga tindakan ini disarankan untuk dihindari, karena bisa merusak mesin mobil secara fatal. Apabila sampai rusak parah biaya perbaikannya tinggi sementara asuransi kendaraan tidak mengcover bencana banjir ke dalam tanggungan. Maka pilih langkah aman dengan menepi dan cobalah naik becak, ojek, atau memilih jalan kaki untuk menghabiskan sisa perjalanan ke lokasi tujuan. 

4. Segera bawa ke bengkel, 

Meskipun mobil Anda menunjukan kinerjanya masih berfungsi baik selepas terendam oleh banjir. Bukan berarti mobil 100% dalam kondisi baik-baik saja maka penting untuk segera membawanya ke bengkel. Tujuannya adalah untuk mengecek mesin mobil secara menyeluruh guna mengetahui adakah yang error, rusak parah dan perlu diganti, atau lain sebagainya. Pemeriksaan secara menyeluruh akan memastikan mobil yang Anda miliki aman untuk diajak bepergian bukan asal bisa menyala dan berjalan saja, sehingga mengemudi pun lebih aman dan nyaman.

Click to comment