Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Sebelumnya kasus iPhone lawas yang dibuat menjadi lemot sehingga mendorong pengguna untuk mengganti dengan yang baru. Kemudian baru-baru ini ditemukan celah keamanan alias bug baru pada sistem operasi iOS buatan Apple. Seperti yang sudah-sudah, bug itu relatif mudah dieksploitasi. Sebagian fungsi iPhone bisa lumpuh ketika pengguna menerima pesan teks, yang di dalamnya terdapat karakter huruf dalam bahasa India Telugu. Adapun yang terganggu akibat bug tersebut adalah aplikasi pesan singkat bawaan iMessage, serta aplikasi messaging pihak ketiga, semacam WhatsApp dan Facebook Messenger. Dalam beberapa kasus, pengguna bahkan tak perlu membuka pesan atau menggulir notifikasi. Bug langsung bekerja secara agresif, di mana layar iPhone akan mati. Ketika dinyalakan, pengguna bakal diminta memasukkan kode PIN lagi.


Untuk sementara, cara memperbaiki dampak dari bug tersebut adalah menghapus percakapan iMessage keseluruhan dari peramban di desktop. Apple mengatakan bug ini menjangkiti sistem operasi termutakhir, yakni iOS 11, macOS High Sierra, watchOS 4, dan tvOS 11, Menyebar lewat Twitter. Juru bicara Apple sesumbar perbaikan untuk bug ini bakal segera hadir dalam versi masing-masing sistem operasi dalam beberapa waktu mendatang. Tak disebut secara rinci, kapan tanggal perilisannya. Yang jelas, penyebaran bug ini terlanjur meluas. Bukan cuma dari oknum jahil yang mengirimkan pesan iMessage berisi bug, tetapi juga via Twitter.

Beberapa pengguna Twitter mematrikan karakter huruf India yang mengandung bug ke nama mereka. Ada juga beberapa yang menuliskan karakter huruf India Teluga itu ke tweet-nya. Akibatnya, pengguna yang sedang menggulir linimasa Twitter bisa seketika mendapati iPhone-nya crash. Sekitar bulan lalu, ada juga bug berbahaya yang ditemukan dan dinamai “ChaiOS”. Bug tersebut membuat layar iPhone tak bisa bergerak alias freeze hanya karena menerima sebuah pesan berisi tautan khusus. Apple mampu memberantas bug itu dalam waktu kurang lebih sepekan. Sebelumnya lagi, ada bug yang membuat iPhone crash karena menerima pesan yang berisi kombinasi emoji tertentu.

Click to comment