Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Sering kali jaringan internet hilang atau melemah ketika anda akan mengunggah foto atau pun foto ke akun media sosial anda atau ingin berbagi foto kepada kerabat atau pasangan anda yang ada jauh disana. Hal itu pasti sangat membuat mood anda berubah drastis bukan ? Ketika hal itu terjadi hal yang pertama anda lakukan adalah mengangkat smartphone anda dan menggoyang-goyangkannya untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Keadaan reflek tersebut pasti sering kali terjadi.


Anda berharap smartphone akan menangkap sinyal lebih baik karena lebih dekat dengan menara-menara base transceiver station (BTS) yang tinggi. Mulai sekarang, hentikan saja kebiasaan itu karena ternyata tak ada gunanya. Smartphone tak akan menangkap sinyal lebih baik hanya karena diangkat ke atas. Jaringan seluler sudah tersebar di sekitar kita dalam jumlah yang melimpah. Hanya saja, infrastruktur bangunan padat di perkotaan yang berliuk-liuk memengaruhi alur sinyal sampai ke perangkat elektronik.

“Kebanyakan orang mungkin berpikir jaringan seluler itu ditembak dari atas dan berwujud spotlight. Padahal jaringan seluler sudah tersedia masif di sekitar kita,” kata Profesor untuk Electrical and Computer Engineering di Rice University, Lin Zhong. Ketika sinyal tiba-tiba hilang, hal yang sejatinya lumayan membantu adalah berjalan kaki sembari membawa smartphone. Sebab, bisa saja sinyal terhalang bangunan. Perlu dicatat, jika Anda kehilangan sinyal ketika sedang konser musik, berjalan kaki bukanlah solusi.

Sebab, bisa saja jaringan seluler tersedot oleh pemakaian yang sangat masif di titik konser tersebut sehingga sinyal tak maksimal masuk ke perangkat Anda. “Ketika di tengah konser, berjalan beberapa meter tak akan menyelesaikan masalah,” kata Lin Zhong.

Click to comment