Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Bagi sebagian orang yang mencintai fotografi pasti mengetahui istilah photography foto bokeh, bagi sebagian orang awam menyebutnya dengan background blur. Biasanya teknik ini dapat diambil ketika anda mengambil gambar menggunakan kamera DSLR, SLR maupun kamera yang lainnya. Namun, saat ini mode foto yang selalu menjadi kebanggaan kini dapat digunakan dibeberapa smartphone yang sudah menggunakan OS Android Oreo. Merupakan kabar gembira bukan ? Seorang pengembang teknologi Arnova8G2 dari XDA Developer menemukan modifikasi agar mode portrait bisa digunakan di sejumlah ponsel Android. 


Modifikasi itu menggunakan aplikasi Camera NX versi 7.3. Aplikasi ini ternyata bisa diinstal di perangkat Android lain dan mengaktifkan mode portrait.  The OnePlus 3/3T, Moto G5S Plus, dan Samsung Note 8 adalah beberapa ponsel yang bisa menggunakan mode ini. Pixel XL, Nexus 6P, dan Nexus 5X adalah ponsel Google lawas yang juga bisa memanfaatkan APK tersebut.  Beberapa ponsel kelas menengah seperti Xiaomi Redmi Note 3 juga dilaporkan bisa menggunakan fitur andalan Pixel ini. Aplikasi ini juga bisa berjalan di Xiaomi Mi 5 atau Mi 5s, seperti disebutkan XDA Developers. 

Pixel 2 adalah ponsel andalan Google yang punya banyak fitur memotret yang menarik. Salah satunya adalah mode Portrait yang bisa memberikan efek bokeh pada hasil foto. Bokeh adalah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan efek memotret dengan gambar latar yang buram. Sehingga, foto bagian depan tampak lebih menonjol. Bedanya, untuk menghasilkan efek bokeh ini Pixel hanya menggunakan satu lensa saja. Tidak menggunakan lensa ganda seperti dilakukan kebanyakan pemanufaktur ponsel. 

Untuk menghasilkan efek bokeh Pixel hanya mengandalkan pemrosesan menggunakan algoritma software. Menariknya, aplikasi untuk mengaktifkan mode portrait ala Pixel itu tak membutuhkan banyak rooting. Tapi, saat ini fitur portrait hanya bisa digunakan untuk kamera belakang saja. Jika Android pengguna sudah menggunakan Oreo dan tertarik untuk mencoba, aplikasi tersebut bisa diunduh situs ini.

Click to comment