Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Siapa yang mau berlibur ke luar angkasa kemudian kembali lagi ke bumi?. Nah, buat kamu yang hobi pelesiran, mungkin pesawatnya Richard Branson bakal bisa memuaskanmu tanpa harus jadi astronot dulu. Pasalnya Virgin Galactic adalah pesawat canggih yang bukan hanya bisa menjejah bumi, akan tetapi juga antariksa. Wow, menarik kan?.

Memakan waktu hampir tiga tahun, pesawat luar angkasa VSS Unity milik Virgin Galactic telah lolos uji. Rencananya, pesawat itu akan mengudara tahun depan. Seperti dilansir detikTravel dari situs resminya, Jumat (11/8/2017) Virgin Galactic merupakan anak perusahaan Virgin Group yang didirikan oleh Richard Branson untuk mengangkut wisatawan ke luar angkasa.

November tahun 2014 lalu, pesawat luar angkasa SpaceShipTwo yang merupakan pendahulu dari VSS Unity sempat mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba terbang. Percobaan yang gagal itu pun memadamkan mimpi Virgin Galactic untuk melanjutkan proyek ambisiusnya.


Kini hampir tiga tahun berselang, Virgin Galactic pun kembali melakukan uji coba terbang dengan menggunakan pesawat luar angkasa VSS Unity. Bedanya dengan sebelumnya, uji coba kali ini berhasil dilakukan dengan baik. Uji coba terbang pun dilakukan di atas Gurun Mojave di Amerika beberapa waktu lalu. Pihak Federasi Penerbangan Amerika (FAA) pun sudah menyetujui hasil uji coba terbaru itu.

"Kami sangat senang dengan apa yang kami lihat hari ini. Kami mengoleksi data sebanyak ratusan gigabyte untuk di-review. Dari pandangan pilot, hasilnya begitu luar biasa," ujar kepala pilot Virgin, David Mackay seperti diberitakan media Daily Mail.


Hasilnya adalah Virgin Galactic kini punya pesawat SpaceShipTwo yang akan membawa penumpang menembus langit biru. SpaceShipTwo didesain untuk memuat enam orang penumpang dengan dua orang pilot yang mengoperasikannya. Pesawat ini didesain oleh Scaled Composites, sebuah perusahaan mesin penerbangan yang bertempat di Mojave, California, AS.

SpaceShipTwo menempel di bagian tengah pada pesawat induk bernama WhiteKnightTwo. WhiteKnightTwo akan terbang sampai ketinggian 113 kilometer. Pada ketinggian itu, SpaceShipTwo akan dilepaskan dan akan terbang menembus angkasa.

Penumpang bisa melihat langsung bumi dari angkasa luar yang gelap gulita. Anda juga akan merasakan kondisi tanpa gravitasi selama beberapa menit. Sejauh ini, SpaceShipTwo telah selesai menjalani puluhan kali tes terbang.

Branson serius dan berharap penerbangan komersil ke luar angkasa sudah bisa dilakukan tahun 2013. Menurut dia SpaceShipTwo sudah bisa menembus batas kecepatan suara. Uji terbang itu pun pernah diulas berbagai media. Pada 29 April 2013, Virgin Galactic melakukan uji coba terbang yang sangat penting di Mojave. Pada saat itu lah Virgin Galactic untuk pertama kalinya melepas SpaceShipTwo dari pesawat induk, untuk menyalakan roketnya dan menembus kecepatan supersonik. Whusss!

Sebelumnya, Richard Branson selaku pemilik Virgin Galactic menjanjikan paket wisata ke luar angkasa pada tahun 2018 mendatang. Sejumlah nama selebriti Hollywood seperti Brad Pitt hingga Katy Perry pun dikabarkan sudah memesan paket wisata ke luar angkasa seharga USD 250 ribu atau sekitar Rp 3,3 miliar. Tertarik?

(Artikel asli https://travel.detik.com/destination/d-2271179/virgin-galactic-maskapai-yang-membawa-anda-ke-luar-angkasa)

Click to comment