Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Sekarang ini perkembangan jaman telah merembet ke dunia teknologi yang mana dalam hal ini sebagai salah satu bukti dengan munculnya LED TV yang kini telah banyak diincar oleh para masyarakat setempat. Sehingga wajar saja bila perkembangan jaman kini telah mampu diterima oleh para masyarakat setempat yang menginginkan gaya hidup yang modern dan serba canggih.

TV led saat ini di kenal memiliki LCD panel yang ada pada bagian depan dan sebagai sumber pencahayaan yang ada pada bagian depan. Sedangkan pada LCD panel ini tidak dapat memancarkan cahayanya itu sendiri, namun membutuhkan sumber cahaya yang khusus untuk dapat menghasilkan suatu gambar. Sedangkan pada sumber cahaya yang nantinya akan diletakkan di belakang panel LCD ini lebih dikenal dengan sebutan backlist, sedangkan pada blacklist itu sendiri pun terbagi menjadi 2 yaitu LED [diode pemancar cahaya] dan CCFL [lampu fluoresen katoda dingin].

Sedangkan pada TV LCD itu sendiri pertama kalinya menggunakan CCFL yang mana hal ini sebagai backlistnya, dan seiring dengan berkembangnya jaman maka TV LCD telah menggunakan LED TV sebagai backlistnya yang memiliki hasil jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan CCFL. Perubahan dalam hal ini merupakan wujud dari berkembangnya jaman yang kini telah merembet pula hingga dunia teknologi masa kini yang segalanya serba canggih dan lebih praktis, sangat berbeda dari teknologi pada jaman dahulu.



Berikut ini adalah jenis-jenis dari TV LED yang dapat untuk Anda ketahui sebelum membelinya, yaitu sebagai berikut ini:

1. Direct-lit LED

Ini merupakan jenis TV yang menggunakan led pada seluruh permukaan pada sisi belakang panel. Dan jenis TV ini pun jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Edge-lit LED

Pada jenis TV ini mempunyai backlist LED yang pada sekeliling tepinya panel saja. Dan led maupun juga ditempatkan pada sepanjang tepi bagian luar panelnya saja.

3. TV LED dengan local dimming

Beberapa dari TV led menggunakan local dimming yang berguna untuk meningkatkan pada kualitas gambarnya, dan sekelompok led ini bisa diredupkan maupun diterangkan secara independen.

Sedangkan pada TV led ini pun juga memiliki banyak kelebihan, yaitu sebagai berikut ini:

1. Memiliki daya konsumsi yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis TV yang lainnya.

2. Backlistnya tidak mengandung mercury, sedangkan pada jenis TV yang lainnya mengandung mercury.

3. Dalam hal penggunaan backlist LED ini membuat pada produsennya dapat memproduksi TV yang jauh lebih tipis dan lebih ringan lagi, sehingga tidak perlu khawatir lagi jika TV di tempelkan ke dinding atau digantung.

4. Meskipun led banyak menggunakan cahaya backlist putih, namun warnanya selalu tampak realistic jika dibandingkan dengan yang lainnya.

5. LED pada TV menggunakan local dimming yang menawarkan banyak kelebihan diantaranya sudut pandang yang jauh lebih luas, memiliki rasio kontras yang lebih tinggi terutama pada bagian level gelapnya dan meningkatkan pada kedalaman warna gambar yang dihasilkannya.

Dibalik dari kelebihan di atas, maka LED TV pun juga memiliki kekurangan, yaitu sebagai berikut ini:

1. TV led dengan backlist dari led menjadikan mahal.

2. TV led menggunakan teknologi local dimming sehingga memakan lebih banyak jika dibandingkan dengan TV yang tidak menggunakan dimming.

3. Pada TV led jauh lebih tipis dan ada gambar yang kurang serasi.

Click to comment