Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Anak yang cerdas umumnya tak hanya didukung dari pendidikan yang bagus saja, melainkan dari kebiasaan sederhana yang selalu di pupuk, yaitu membaca. Istilah buku adalah jendela dunia memang benar adanya, karena hanya dari buku maka ada banyak hal yang bisa Anda tau, meskipun tidak bisa dilihat secara langsung. kebanyakan diantara anak-anak yang cerdas dan berprestasi di sekolahnya adalah karena kegemaran mereka membaca bahan bacaan, apapun jenisnya. Buku bacaan sendiri ada banyak sekali ragamnya, mulai dari segi buku ensiklopedia, buku pelajaran, buku fiksi, komik dan yang lainnya.

Sebagian besar diantaranya memang termasuk kedalam bahan bacaan yang digemari oleh anak-anak bahkan juga orang dewasa. Namun tak jarang juga diantaranya yang kurang diminati. Misalnya saja buku-buku dengan tema yang terlalu berat, sehingga hanya beberapa kalangan saja yang menggemarinya. Untuk menumbuhkan kebiasaan gemar membaca bagi buah hati sendiri bisa dilakukan secara mudah, salah satunya adalah sering-sering membelikan buku bagi mereka.

Semakin sering melihat, maka kian butuh mereka pada bahan bacaan tersebut, hingga memasuki usia dewasa nantinya. Berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda yang ingin membelikan buku bacaan untuk anak-anak, agar tak terbuang begitu saja, karena tidak mereka minati, diantaranya yaitu:


1. Pilihlah buku yang porsi gambarnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan tulisan, hal utama yang pastinya akan dilihat oleh buah hari adalah gambar, mereka lebih cepat merespon dan juga tertarik pada gambar dibandingkan dengan tulisan yang pastinya belum bisa dibaca. Jadi pastikan untuk memilih buku yang sebagian besar isinya adalah gambar. 

2. Lebih baik pilih buku yang berwarna, buku gambar berwarna ini memiliki fungsi untuk merangsang kecerdasan otak mereka, menangkap berbagai macam warna-warna baru kemudian diingat lebih lama. Buku dengan banyak pilihan warna ini juga bisa dipakai untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan seperti si kecil yang memiliki masalah buta warna. 

3. Jika memang ingin membelikan buku dengan adanya tulisan, maka pilihlah struktur kalimat yang pendek, setidaknya mudah untuk mereka pahami. Ini sangat cocok bagi si kecil yang masih dalam tahapan belajar membaca, sedikit demi sedikit hal ini bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam membaca. Ketika sudah semakin naik, maka bisa memilihkan buku dengan bacaan yang agak panjang.

4. Pilihlah buku dengan cerita yang menarik sesuai dengan usia buah hati, anak-anak umumnya senang dengan buku dongeng kerajaan, fantasy dan sejenisnya. Hal ini bagus untuk mengembangkan daya imajinasi mereka. Juga digunakan sebagai obat pengantar tidur, bunda bisa membacakan mereka dongeng sebelum tidur, untuk membuatnya selalu teringat dengan memory masa kecilnya. 

5. Ketahui ketertarikan mereka pada bahan bacaan, sekali-kali tak ada salahnya untuk mengajak buah hati datang ke toko buku langsung, mereka akan melihat banyaknya jejeran bahan bacaan disana, sesuai dengan gambar yang ada, maka lihatlah buku seperti apa yang ingin dimilikinya.
6. Konten yang ada di dalamnya juga harus mendidik, jika memang buku cerita bergambar maka pastikan tidak ada gambar-gambar yang tidak selayaknya mereka lihat, seperti gambar dewasa, pembunuhan, darah dan sejenisnya. Begitu juga jalan cerita yang ada di buku hendaknya dapat mereka teladani.

Buku bacaan untuk buah hati sekarang ini juga bisa dibeli secara mudah lewat toko online, ajak mereka melihat sendiri tampilan atau cover buku yang diinginkan.

Click to comment